Menikmati Kuliner Tradisional Lawasan di Kawasan Elite Jakarta

Buat Anda yang kangen makanan lawas dan kuliner tradisional yang sudah sulit ditemukan, tak ada salahnya mencoba sebuah rumah makan di kawasan elite Cipete, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Di restoran Sumber Asli: Kuliner Tempo Dulu itu rasa rindu itu bisa terobati.

Restoran tiga lantai ini terletak di Jl. Cipete Raya no. 11 berdiri di atas tanah seluas 100 meter persegi. Salah satu cara untuk mencapainya bisa menggunakan MRT dan turun di Stasiun Cipete, kemudian berjalan kaki sekitar 200 meter atau menggunakan angkutan umum lain.

Segera setelah melewati pintu masuk, Anda akan mendapati suasana tempat makan yang nyaman dan unik dengan jendela-jendela besar dan dinding penuh dengan gambar-gambar dan pajangan bertema tradisional. Lantai dua menampilkan suasana serupa sedangkan lantai teratas merupakan tempat makan area terbuka atau rooftop.

Menurut pemiliknya, Rofikoh Rokhim, ia sengaja memilih makanan tradisional dan lawasan untuk lebih mengenalkannya pada generasi muda yang lebih akrab dengan makanan siap saji atau berasal dari luar negeri. Bahan-bahan yang ia gunakan pun asli dari hasil pertanian di desa-desa, begitu pula juru masak yang langsung dari daerah.

“Buka pas pandemi, Agustus 2020. Orang enggak bisa mudik, jadi kangen masakan daerah, maka tinggal ke Sumber Asli,” ujar Rofikoh, yang akrab disapa Opie.

Soal rasa, dijamin Anda akan menyukainya meski mungkin belum pernah bertemu menu serupa sebelumnya. Selain bakmi godok, ada pula nasi godok yang mungkin masih asing buat sebagian orang. Bentuknya serupa dengan bakmi godok hanya saja bahan utamanya nasi, bukan mi. Selain itu ada pula tempe gembus, garang asem, bakmi ketoprak, hingga mangut lele.

“Alhamdulillah, sambutan pelanggan bagus. Pada kangen masakan kampung halaman dari berbagai daerah dengan rasa otentik. Satu tamu datang merekomendasi saudara dan teman. Alhamdulillah words of mouths bekerja,” tambah Opie, yang juga mantan jurnalis.

Untuk minuman, tersedia yang hangat dan dingin. Ada wedang herbal jaherona, wedang secang, wedang uwuh, dan jahe jeruk nipis yang mampu menghangatkan tubuh. Buat yang ingin minum dingin dan manis, bisa memesan es cendol.

Tertarik untuk mencoba dan bernostalgia lewat kuliner? Jangan khawatir soal harga, semua menu bersahabat dengan kantong.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.