5 Penyebab Obesitas yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu hal yang menjadi masalah bagi seseorang adalah obesitas. Obesitas itu sendiri merupakan gangguan kompleks dengan jumlah lemak tubuh yang berlebihan. Sehingga seseorang yang menderita obesitas ini rentan diserang oleh penyakit.

Maka dari itu, untuk menghindari hal tersebut penting bagi anda untuk mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab obesitas itu sendiri, antara lain yakni :

Apa Saja yang Menjadi Penyebab Obesitas ?

1. Pola Tidur yang Tidak Teratur

Salah satu yang menjadi penyebab obesitas adalah pola tidur yang tidak teratur. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa, meningkatnya risiko bertambahnya berat badan dan mengembangnya obesitas bisa disebabkan oleh kurang tidur.

Hal ini sudah dibuktikan oleh seorang peneliti bahwa secara signifikan orang yang kurang tidur dapat meningkatkan resiko obesitas baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh perubahan hormon yang bisa meningkatkan nafsu makan seseorang.

Ketika tubuh seseorang tidak cukup tidur, maka tubuhnya akan memproduksi ghrelin. Pada saat yang sama, tubuh yang kurang tidur dapat menurunkan produksi leptin yang bisa menyebabkan hormon menekan nafsu makan.

2. Faktor Genetik

salah satu atau kedua orang tuanya yang mengalami obesitas bisa menjadi faktor lain yang menyebabkan kegemukan pada seseorang. Faktor genetik tersebut dapat mempengaruhi hormon yang terlibat di dalam regulasi lemak. Salah satu contoh penyebab genetik kegemukan misalnya, defisiensi leptin. Leptin itu sendiri merupakan sebuah hormon yang diproduksi di plasenta dan sel lemak. Leptin ini yang berfungsi untuk mengontrol berat badan dengan memberi sinyal pada otak. Yang mana ketika tubuh memiliki simpanan lemak yang terlalu tinggi, maka otak akan memberi sinyal pada tubuh untuk makan lebih sedikit.

3. Tidak Berolahraga

Penyebab obesitas selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah tidak berolahraga. Pada umumnya orang yang sering bergerak aktif melakukan aktivitas pekerjaan maupun olahraga secara teratur tentu akan lebih sehat dan segar, di bandingkan dengan orang yang tidak bergerak dan malas berolahraga.

Mengapa demikian? Sebab, jika terjadi kondisi seperti itu maka tubuh mendapatkan asupan makanan dan terdapat lemak atau kolestrol di dalamnya. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kegemukan pada seseorang. Sebab, nafsu makan yang tinggi dan tidak disertai dengan olahraga yang teratur, bisa menjadi resiko seseorang mengalami obesitas.

4. Makan yang Berlebihan

Pola makan yang sehat tentunya adalah pola makan yang teratur. Apalagi nafsu makan yang tinggi, maka akan semakin bagus kagi kesehatan. Akan tetapi, jika nafsu makan kita secara berlebihan, tentunya itu juga tidak bagus dan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara tidak ideal.

Terlebih lagi jika anda sering mengonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti gorengan, makanan cepat saji, dan lain sebagainya. Yang mana makanan tersebut memiliki banyak kalori yang bisa menyebabkan terjadinya penambahan berat badan pada tubuh seseorang

5. Gangguan hormon

Penyebab obesitas terakhir yang harus anda perhatikan adalah gangguan hormon. Aktivitas yang muncul dari hormon ghrelin dapat membuat rasa lapar pada tubuh. Hormon ini tidak bisa bekerja secara sempurna bagi orang yang obesitas, Sehingga menyebabkan nafsu makan semakin besar. Di tubuh kita juga terdapat leptin yang mengatur rasa kenyang pada perut seseorang. Bagi penderita obesitas akan mengalami suatu kelainan, yang dapat mengakibatkan hormon leptin tidak bekerja secara baik.

Related Posts